Kesalahan Fatal Yang Sering Terjadi Dalam Membuat Laporan Akuntansi

Kesalahan Fatal Yang Sering Terjadi Dalam Membuat Laporan Akuntansi

Memimpin sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali urusan bisnis yang harus diputuskan secara tepat dan tidak boleh ditunda-tunda lagi, termasuk juga dalam melakukan sebuah transaksi bisnis yang membuat keluar serta masuknya uang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Namun, akan lebih rumit lagi adalah membuat laporan keuangan dari usaha yang dijalankan. Terkadang ada saja akun yang tidak cocok di dalam neraca saldo yang membuat Anda pusing tujuh keliling karena bingung asal muasal dari kesalahan tersebut.

Masalah tersebut timbul akibat kesalahan-kesalahan yang sudah menumpuk dan sering terjadi di dalam perusahaan. Untuk itu, hal tersebut harus segera diatasi agar tidak menjadi masalah yang fatal bagi perusahaan Anda.

Kesalahan Fatal Yang Sering Terjadi Dalam Membuat Laporan Akuntansi
Kesalahan Fatal Yang Sering Terjadi Dalam Membuat Laporan Akuntansi

Berikut adalah beberapa kesalahan fatal yang sering terjadi dalam membuat laporan keuangan di akuntansi.

  1. Kesalahan dalam pencatatan dan pencocokan laporan
    Kesalahan yang sudah sering sekali dilakukan oleh pelaku bisnis adalah tidak mencatat transaksi yang terjadi di dalam perusahaan secara rutin.

    Terlalu sibuknya dalam mengurusi usaha karena semakin hari semakin banyak saja keuntungan yang didapatkan seringkali menjadikan Anda lupa bahwa mencatat transaksi dan mencocokkan laporan keuangan merupakan prioritas utama dalam menjalankan sebuah bisnis yang harus dilakukan setiap hari. Dengan begitu pencatatan laporan tidak didasarkan pada kondisi teraktual dari perusahaan.

  2. Tidak menjadikan laporan keuangan sebagai alat dari perusahaan
    Banyak dari pemilik perusahaan yang beranggapan bahwa laporan akuntansi hanya digunakan untuk mencatat data keuangan yang nantinya akan diketahui saldo akhir pada periode tersebut atau digunakan untuk keperluan perpajakan.

    Padahal laporan keuangan tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan-keputusan strategis atau dapat juga menunjukkan masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan, seperti mengetahui daftar konsumen yang belum membayar piutang padahal sudah jatuh tempo.

  3. Menangani semuanya sendiri
    Memang pada awal berdirinya bisnis sang pemilik perusahaan masih bisa menangani semua urusannya sendiri, termasuk juga dalam mencatat transaksi-transaksi yang terjadi dan membuat laporan keuangannya.

    Namun seiring dengan berkembangnya usaha, Anda akan merasa kualahan jika tidak memperkerjakan pegawai akuntan atau menyewa tenaga akuntan yang ahli dan handal. Anda juga perlu untuk menyediakan teknologi yang cocok untuk mempercepat proses pembuatan laporan keuangan, salah satunya yaitu dengan menyediakan aplikasi akuntansi excel.

Akun-akun yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat Anda buat sendiri, sehingga akan lebih cocok untuk dipakai perusahaan Anda. Aplikasi akuntansi excel juga memiliki kapasitas baris dan kolom yang banyak, sehingga Anda dapat leluasa dalam menginput data keuangan tanpa harus khawatir kekurangan space.

Sheet yang disediakan oleh aplikasi akuntansi excel juga jumlahnya tidak terbatas, jadi Anda dapat membuat berbagai macam laporan dalam satu file saja. Tentu ini akan memudahkan Anda untuk melihat satu laporan dengan laporan lainnya.

Aplikasi selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Sleekr Accounting yang menyajikan fitur-fitur untuk menangani bisnis Anda yang sedang mengalami perkembangan. Untuk bisnis yang skala kecil sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini, karena mudah digunakan dan memiliki standar keamanan kelas internasional.
Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah dapat memantau informasi akuntansi setiap saat, sehingga keputusan strategis dapat diambil secara cepat. Dilengkapi dengan sistem online menjadikan Anda tidak perlu khawatir jika smartphone rusak karena masih bisa diakses menggunakan smartphone lainnya.

Kunjungi https://sleekr.co/accounting/ untuk memperoleh informasi lebih detail mengenai software Sleekr Accounting.

Kesalahan dalam membuat laporan keuangan harus segera teratasi dengan baik agar tidak menimbulkan kekacauan di dalam perusahaan. Beberapa kesalahan tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi Anda untuk senantiasa berhati-hati dalam menjalankan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *