Referensi Siswa Masa Kini

Jengger Ayam, Ciri-ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

0

Sudah tahukah anda tanaman obat jengger ayam, tanaman yang memiliki bunga merah merekah seperti jengger ayam ini memiliki banyak khasiat untuk pengobatan, apa saja ciri-ciri tanaman jengger ayam serta khasiat dan manfaatnya, mari kita lihat selengkapnya :

Cirri-ciri jengger ayam :

Batang :
Batangnya tebal nan kuat dengan daun tunggal, tumbuh berseling, berbentuk bulat telur sampai memanjang dengan panjang 5 cm-12 cm dan lebar 3,5 cm-6,5 cm berujung runcing, bertepi rata dan berwarna hijau dengan sedikit garis merah di tengah-tengah daun.

Daun :
Tanaman jengger ayam mempunyai daun tunggal, bertangkai, letak berseling. Helaian daun bentuknya bulat telur sampai memanjang dengan panjang 5 sampai 12 cm, lebar 3,5-6,5 cm, ujung meruncing, pangkalnya runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, warnanya hijau dengan sedikit garis merah di tengah daun.

Bunga :
Bunganya mejemuk berbentuk bulir, tebal berdaging, bagian atas melebar seperti jengger ayam jago, berlipat-lipat dan bercangap ataupun bercabang, keluar di ujung batang ataupun di ketiak daun, warnanya ungu, merah, dadu ataupun kuning.

Buah dan biji :
Buahnya kotak, bulat telur, merah kehijauan, retak sewaktu masak. Terdapat dua ataupun beberapa biji kecil, brwarna hitam. Perbanyakan dengan biji, Jasa Taman.

Jengger ayam adalah tanaman bunga yang bentuk bunganya menyerupai daging merah yang tumbuh di bagian kepala ayam jantan.

Tanaman semusim ini tumbuh tegak 60-90 cm, pada umumnya tidak tumbuh liar melainkan di taman-taman ataupun halaman rumah sebagai tanaman hias dan tempat-tempat lain hingga ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.

Bunga jengger ayam rasanya manis, sifatnya sejuk, astringen, dengan afinitas ke meridian hati dan ginjal, dapat digunakan untuk anti radang, mengentikan keputihan dan menerangkan penglihatan tanaman ini dapat menghentikan pendarahan, seperti pada batuk darah, muntah darah, mimisan serta wasir berdarah.

Kandungan zat tanaman jengger ayam :
Bunga jengger ayam mengandung lemak kaempeferitin, amaranthin pinitol, sedangkan pada daun terdapat saponin, flavonoida dan polifenol.

Khasiat dan manfaat jengger ayam :
1. menjernihkan mata.
2. untuk menghentikan pendarahan, seperti pada batuk darah, muntah darah, mimisan serta wasir berdarah.
3. cara lain untuk menyembuhkan pendarahan rahim ataupun haid yang tak kunjung berhenti.
4. untuk menyembuhkan penyakit keputihan.
5. untuk mengobati penyakit infeksi saluran kencing.
6. untuk mengobati penyakit disentri.

Demikianlah penjelasan tentang khasiat bunga jengger ayam semoga dapat menambah pengetahuan anda semua.

Leave a Reply