Referensi Siswa Masa Kini

Keistimewaan Doa Setelah Adzan

0

Apakah Anda sering mengamalkan doa setelah adzan? Sebagai seorang muslim, Anda pasti sudah diajarkan untuk melafalkan doa setelah adzan sesudah Anda mendengarkan seruan adzan. Adzan adalah sebuah seruan bagi seluruh umat muslim yang menandakan bahwa sudah masuk waktu untuk mengerjakan sholat wajib 5 waktu yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya’. Sedangkan melafalkan doa sesudah adzan adalah sebuah amalan sunnah yang sebaiknya Anda lakukan. Mengapa demikian? Karena melafalkan doa sesudah adzan ini memiliki banyak sekali keistimewaan yang akan Anda rasakan. Sehingga sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengamalkannya setiap kali ada kesempatan.

Lima kali mendengar adzan, maka Anda juga mendapatkan lima kali kesempatan untuk melafalkan doa setelah adzan. Meskipun doa sesudah adzan adalah sebuah amalan sunnah, akan tetapi Anda sebaiknya tidak meninggalkan amalan ini karena begitu besar keistimewaan yang ada didalamnya. Bahkan dalam sebuah hadist riwayat Abu Daud dan Ahmad juga menyebutkan Rosulullah bersabda bahwa para muslimin diminta untuk berdoa sesudah adzan, kemudian setelah itu berdoalah apa yang Anda inginkan karena pada waktu tersebut doa Anda akan diijabah. Untuk terjemahan lebih lengkap Anda bisa membuka hadist yang dimaksud. Akan tetapi pada intinya bahwa pada saat-saat tersebut, doa Anda akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Berdoalah dengan hati yang penuh tunduk kepada Allah SWT dan penuh dengan keikhlasan, insyaallah doa Anda akan benar-benar diijabah oleh Sang Pemilik Alam. Tidak hanya itu saja, ada berbagai keistimewaan lain dibalik mengucapkan doa sesudah adzan. Diantaranya ialah Anda akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, hal ini bahkan disampaikan dalam hadis riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah.

Itulah berbagai keistimewaan dari melafalkan doa setelah adzan. Maka jangan buang kesempatan baik Anda untuk mendapatkan berbagai keistimewaan tersebut dengan mengamalkan doa sesudah adzan. Setelah itu sampaikanlah doa dan permintaan Anda kepada Allah SWT dengan hati yang tulus dan penuh rasa berserah diri kepadaNya. Niscaya Allah SWT akan ridho dan mengabulkan doa Anda.

Leave a Reply